Our Blog

Pengalaman Pribadi Ke Cirebon

Hujan turun dengan riang nya saat aku tiba di stasiun gambir,Jakarta.waktu masih menunjukan pukul 5:30 pagi. Kereta Cirebon express sudah terparkir di jalur 3, setia menunggu penumpang nya. Aku duduk di bangku kereta sambil menatap matahari yang perlahan terbit dari balik jendela. Mendekati pukul 06:00 pagi, satu persatu penumpang mulai memasuki gerbong dan duduk di kursi mereka. Tepat pukul 06:00 pagi, kereta berangkat dengan sedikit penumpang di dalamnya jadi lumayan lah jadi bisa tidur.
Sekitar 1 jam aku terlelap di bangku kereta, saat terbangun aku sudah berada di wilayah indramayu. Mataku langsung dimanjakan oleh hamparan sawah nan hijau. Pukul 09:00 pagi saya tiba di stasiun Cirebon, kejaksaan. Begitu keluar stasiun saya langsung disambut oleh tukang taksi dan dengan suara riuh rendah mereka menawarkan jasanya. Setelah berhasil keluar dari kepungan tukang becak dan tukang taksi saya melangkah menuju jl.siliwangi.dari stasiun ke jl.siliwangi hanya 200m. Dari situ aku naik angkot d5 dan turun di grage mall. Ongkos yang kubayar Rp.5 ribu.

Empal Gentong

Dari depan garage mall, saya melanjutkan perjalanan dengan naik angkot GP.Tujuan ku adalah rumah makan empal gentong mang darma.karena empal gentong di sana sungguh nikmat

Lokasi rumah makan mang darma ini berada di pinggiran kota.ongkos yang kubayar Rp.5 ribu.

Setiba nya di sana saya langsung memesan empal gentong,es teh manis.sebener nya ada dua jenis empal,empal asem dan empal gentong (kuah santan).

Setelah menghabiskan empal gentong dan teman teman nya saya langsung menuju saya meninggalkan tempat makan itu dan menuju goa sunyaragi.

Goa Sunyaragi

Untuk menuju goa sunyaragi, dari depan rumah makan mang darma, saya naik bus elf dan turun tepat di depan pintu masuk goa sunyaragi.ongkos bus yang harus kubayar sebesar Rp.5 ribu.

Untuk masuk kedalam lokasi goa sunyaragi, saya harus merogoh kocek sebesar Rp.10 ribu. Setelah tiket saya dapatkan, saya mulai menjelajahi goa sunyaragi.

Menurut om wiki, goa sunyaragi adalah sebuah goa yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi,  Kesambi, Cirebon dimana tempat ini mirip candi yang disebut goa sunyaragi atau taman air sunyaragi atau taman sari sunyaragi. Nama sunyaragi itu sendiri mengandung arti berarti sepi(sunya)dan raga(ragi) yang di ambil dari bahasa sansekerta.

Tujuan didirikan nya goa sunyaragi ini adalah sebagai tempat beristirahat dan bermeditasi sultan Cirebon dan keluarganya.